Baksos Peduli Banjir Bareng Alumni

January 26, 2013


Salah satu kegiatan bareng kawan - kawan Alumni SMK N 1 Bojonggede.

seperti yang sudah kita ketahui bersama, sejak tanggal 17 Januari 2013, Ibukota kita tercinta dilabeli "gawat darurat banjir". walaupun saat kami berkunjung ke Ibukota pada tanggal 24 Januari 2013, sebagian besar wilayah banjir telah surut. hanya di beberapa titik di Jakarta Utara yang masih terendam banjir salah satunya di wilayah yang kami kunjungi yaitu Kelurahan Penjaringan, dalam rangka menyalurkan bantuan yang telah diamanahkan oleh segenap kawan - kawan Alumni yang lain.

Untuk saya pribadi, ini adalah pertama kalinya saya terjun ke lokasi bencana. subhanallah, banyak pelajaran yang bisa kami semua dapat disana. Disana kami melihat sendiri bagaimana kondisi di pengungsian yang hanya beratapkan tenda dan berlantaikan aspal jalanan yang di alasi tikar atau karpet. ada beberapa orang yang mengalasi petakan miliknya dengan batu bata agar lebih tinggi dari permukaan aspal yang pasti akan tergenang air dikala hujan turun. namun begitu, saya tetap tidak terbayang bagaimana bila hujan turun. basah semualah pasti yang ada di dalam. apalagi jalanan ibukota sangat rentan tergenang air di kala hujan turun.. Semoga Allah memberikan kami semua kekuatan untuk dapat memetik pelajaran untuk banyak - banyak bersyukur kepadaNya.

tenda pengungsian yang hanya beralas tikar

Sementara di depan posko bantuan kami melihat ratusan orang yang antri untuk mendapatkan makanan dan kebutuhan pokok yang lain. Kondisi di posko dan tenda pengungsian sangat memprihatinkan. Lingkungan yang kotor, sistem sanitasi yang kurang baik, sampah yang menumpuk dan bahkan genangan air yang didalamnya tercampur sampah - sampah termasuk kotoran manusia. tidak terbayang penyakit yang mengintai ratusan atau bahkan ribuan orang yang kini masih bertahan di pengungsian.

Kemarin kami juga sempatkan berjalan agak jauh untuk melihat sendiri banjir yang menggenangi ruas jalan. kami melihat beberapa anak kecil justru asyik "berenang" di tengah kubangan banjir. anak - anak justru seolah menikmati moment banjir ini. saya pribadi tidak tahu apa yang saya pikirkan. tak apalah bila di tengah keprihatinan dan kondisi bencana terselip keceriaan di hati adik - adik kita yang masih polos.

dua anak yang berenang di tengah kubangan banjir
Ada lagi satu hal yang  cukup menarik perhatian kami. saat ada mobil tentara - yang lewat melintasi jalanan banjir, melintasi warga yang sedang berjalan kaki, dan melintasi anak - anak yang sedang asyik "berenang"- membagikan makanan ringan dengan cara melemparkannya dari atas mobil, dan sontak saja warga dan anak - anak yang sedang asyik itu berebutan makanan yang "nyebur" ke tengah kubangan banjir.. dalam hati saya berfikir, harus seperti itukah caranya ?

Saya pribadi berharap, semoga apa yang kami lihat, kami dengar, dan kami saksikan langsung dapat menjadi sebuah pelajaran dan pengalaman yang berharga. betapa kami semua patut bersyukur kepada Allah yang memberikan kami tempat tinggal di bumi Bojonggede tercinta yang jauh dari banjir, insyaAllah. dan semoga apa yang kami dapat, bisa lebih membuka mata kami semua untuk peduli terhadap sesama. saya juga berharap semoga tulisan singkat ini dapat mengetuk relung hati kawan - kawan yang lain untuk bergabung dan merapatkan barisan bersama kami membangun kepedulian bagi sesama kita. karena terkadang tanpa kita sadari, hal kecil yang bagi kita mungkin tidak berharga, justru bisa jadi sangat bernilai di sisi mereka yang membutuhkan...

Terakhir saya ingin mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berjuang keras dan membantu.
Semangat ! Berlomba - lomba di dalam kebaikan !!
Semoga Allah meridhoi segenap perjuangan kawan - kawan semua.. :) :)

ojek gerobak dan beberapa warga berjalan di tengah banjir

beberapa anak yang sedang asyik "berenang"

kondisi di pengungsian


kondisi di pengungsian

ruas jalan masih tergenang banjir sebetis orang dewasa


korban menggunakan pick up untuk melintasi banjir

Picture by : Dea Itsna Mufliha

You Might Also Like

3 komentar

  1. iyakah ka? ada mobil tentara yang membagikan makanan dengn cara di lempar ? huhu saya tak lihat coz jaga di mobil.. :')

    ReplyDelete
  2. iyya neng, gag tau tentaranya gag tau orang yang nebeng mobil tentara dahh yg bagi2in makanan dgn cara kayak gitu... huhuhu *menyedihkan :(

    ReplyDelete
  3. Wah, aku baru liat foto2 nya nah..
    Semangat untuk baksos selanjutnya !! :)

    ReplyDelete

Search This Blog