Rain

July 22, 2013

Hujan semalam yang bikin tidur benar-benar lelap..
Dan hujan pagi ini yang menyegarkan suasana hati.. :)

Aku jadi teringat sebuah adegan favoritku dalam sebuah film dokumenter lomba menghafal Quran, "Koran by Heart". Dalam adegan itu Djamil -seorang hafidz kecil berusia sepuluh tahun- memurojaah alQuran di tepi pantai bersama sang ayah..
Sangat luar biasa cara ayahnya Djamil mengajarkan anaknya tentang kebesaran Allah, yaitu dengan mengajak Djamil mentafakkuri langsung kebesaranNya di alam. Sambil berjalan santai di tepi pantai, ayah djamil menunjuk ke langit dan mereka membaca ayat :
"....wa maa anzalallohu minassamaa-i min maain fa-ahyaa bihil-ardho ba'da mautihaa wa batstsa fiiha min kulli daabbah. Wa tashriifirriyaahi wassahaabil musakhkhori bainassamaa-i la-aayatin li qoumin ya'qiluun"
".... dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan." (Al-Baqarah : 164)


Hujan adalah anugrah,, banyak ayat al-Quran yang menyatakan bahwa dengan hujan itu Allah hidupkan bumi yang telah mati. Allah hijaukan tanah yang tandus. Allah tumbuhkan berbagai macam tetumbuhan yang menjadi sumber daya bagi manusia. dengan  hujan Allah memberi rizki dan memberi minum semua makhluk hidup di alam semesta.
Hujan adalah anugrah, terlepas dari masalah cucian yang gak kering-kering, jalanan yang becek, banjir, kebasahan, genteng bocor, sepatu rusak. haha itu adalah permasalahan klasik yang sepele banget dibandingan dengan anugrah yang Allah berikan kepada manusia melalui turunnya hujan..

Hujan adalah anugrah,, selalu membuat halaman rumahku jadi terlihat jauh lebih indah. jauh lebih sejuk. lebih tentram. lebih tenang. rintik - rintik hujan selalu membawaku pada suasana yang sulit digambarkan kata-kata. hujan kadang seolah menidurkan seisi kota, menenggelamkan suara-suara bising yang aku tak pernah suka. terlebih hujan di pagi ini. Hujan yang melengkapi rehatku sebelum kembali memulai perjuangan yang baru. Ahh, bahkan tak sanggup rasanya untuk meminta agar Allah menghentikan hujan pagi ini. kalau bisa jangan berhenti. terlepas dari masalah banjir, becek, sulit keluar rumah, susah beraktivitas, dan yang lainnya. haha klasik !

Hujan adalah anugrah.. dan berbicara masalah banjir, aku jadi teringat saat nonton salah satu episode Upin & Ipin ketika Opah menjelaskan kepada kedua cucunya itu bahwa hujan adalah rahmat Allah. Saya tidak ingat redaksi persisnya, tapi pada saat itu Upin & Ipin berkata "Kalau hujan lebat-lebat, air naik, nanti banjir. banjir juga rahmatkah opah?". dan dengan bijaksana sang Opah menjawab :
"Iya banjir rahmat karena Allah hendak mengigatkan kita agar kalau membuat rumah, jangan lupa membuat selokan. Allah juga hendak mengingatkan kita agar tidak membuang sampah ke sungai nanti sungai meluap .... n bla bla bla" *lupa hhee :D

Hujan itu anugrah. Dan bagiku, hujan itu indah.. :D
~LoveRain~

You Might Also Like

0 komentar

Search This Blog