Kunjungan ke Puslit Bioteknologi LIPI Cibinong

August 17, 2015

Bio energi. Bio gas. Ethanol. Mikroba, dll. Pertama kali mendengar kata-kata itu yang ada di pikiranku adalah "apa itu sejenis makanan?". Maksudnya, lihat aja kata-kata 'mikroba', bukannya itu singkatan dari MIe KROnet BAkso -,- hehehe

Yes, I really have no idea what it is. Karena aku mahasiswi jurusan komunikasi jadi serius deh, aku gak ngerti-ngerti banget soal istilah-istilah ilmiah. Tapi karena niat ikutan lomba fotografi dengan tema 'energi', mau gak mau aku harus berburu lokasi dimana aku bisa menemukan benda-benda atau sesuatu yang sesuai, dan minimal tahu walau sedikit soal benda apa sih sebenernya yang harus aku foto.

Singkat cerita aku mendapat informasi tentang lab bioteknologi yang ada di LIPI dari teman. dan Alhamdulillaah lagi, dari teman itu, aku bisa dapat CP salah satu peneliti di sana. Gak membuang kesempatan, aku langsung menghubungi CP-nya dan Alhamdulillaah lagi aku boleh datang ke lab hari Rabu atau Kamis. dan aku memilih hari Rabu *biar cepet hehe.

Pertama kali masuk wilayah Puslit Bioteknologi LIPI itu rasanya,,, 'horor'. Pertama, karena aku sendirian. Kedua, aku gak kenal siapapun di sini kecuali Mbak Hanny, sang peneliti yang beberapa kali aku hubungi via telepon aja. dan yang ketiga, suasananya emang horor sih.

Depan Lab-nya Mbak Hanny. keliatan 'horor' kan? hehe
Apalagi di arena Pusat Penelitian (disingkat Puslit) Bioteknologi ini terdapat beberapa gedung. Aku sempet nyasar ketika mencari yang mana gedung-nya Mbak Hanny.
Tapi setelah ketemu langsung sama mbak Hanny, suasana 'horor' berubah jadi menyenangkan hehe. Mbak Hanny ternyata baik banget. Di sela-sela pekerjaan beliau, beliau mau mengantarku keliling-keliling. Beliau juga menjelaskan banyak hal tentang kegiatan yang ada di sana.

Dan supaya semua pembaca blog ini percaya kalau aku benar-benar mengerti dengan penjelasannya mbak Hanny, aku akan tulis disini. hehe

Jadi gini ceritanya...
Mbak Hanny bilang makhluk hidup secara global dibagi jadi tiga kelompok besar: hewan, tumbuhan, dan mikroba.Nah jenis mikroba ini yang di gunakan untuk membuat biofuel dan biodiesel.

Dari sekian banyak jenis mikroba, dipilihlah dari jenis alga karena memiliki karakteristik khas yaitu mempunyai klorofil, jadi kalau jumlahnya banyak bisa kelihatan hijau-hijau gitu. Soalnya mikroba kan aselinya gak kelihatan kecuali pake mikroskop yaa he he ^^a

Botol untuk mengembangbiakan alga (lupa ini namanya apa -,-)

Awalnya alga-alga itu di kembangbiakan, terus kalau udah banyak alga dipisahkan dari media pengembangbiakannya dan di estrak dengan bahan kimia sampai jadi minyak alga. dan taadaaa jadilah, biofuel dan biodiesel -,-

Yah, segitu sajalah yang saya tangkep dari penjelasannya mbak hanny yang puanjaang. Seenggaknya ada hal baru yang saya tahu dan pelajari tentang mikroba, alga, de el el hari itu :D

Mbak Hanny juga mengajakku untuk melihat-yang saya lupa namanya- entah itu tabung reaktor, atau generator, atau,, atau,,,
yang merupakan tempat pengembangbiakkan alga juga, tapi lebih gede dari botol yang di atas. Beruntungnya, ketika aku ke sana alga-alganya lagi panen.. xixi

Tabung -yang saya lupa namanya-

Alga dari tabung di saring untuk memisahkan alga dari media pengembangbiakannya

 

Alga dari tabung-tabung itu kemudian disaring sampai jadi kayak jelly, baru deh dilakukan proses berikutnya sampai jadi minyak alga.

Sayang sekali aku lupa minta ditunjukkan hasil minyaknya.
Sebenernya banyak sih yang mau aku tanyakan ke mbak hanny. misal tentang, penggunaan minyak alga itu untuk bahan bakar apa? buat kendaraan-kah, buat masak-kah? terus hasil yang di produksi di lab apakah di jual?
tapi karena aku menyadari kalau aku sedang 'mengganggu' jam kerjanya mbak hanny, aku jadi gak berani nanya-nanya banyak.

Mbak hanny bilang biofuel dan biodiesel diluar negeri sudah dikembangkan dan diproduksi secara besar-besaran. yang aku baca dari internet sih, bio energi bisa menjadi sumber energi aternatif sebagai pengganti bahan bakar fosil. apalagi mba hanny bilang media pengembangbiakannya bisa menggunakan benda-benda semacam limbah kedelai.

Okelahh aku mah gak ngerti-ngerti banget. Nulisnya juga mungkin banyak salah dan keliru , tapi dari dulu aku selalu berfikir kalau pekerjaan para peneliti merupakan salah satu pekerjaan yang paling keren dari semua jenis pekerjaan yang ada. Maksudnya, jumlah peneliti di dunia ini sedikit banget kan kalau dibandingkan dengan jumlah manusia yang ada. tapi jumlah yang sedikit itu, bekerja untuk menemukan dan membawa sesuatu yang baru ke kehidupan manusia. thats awesome!


Dan satu lagi hal menarik yang aku temukan di Puslit Bioteknologi LIPI adaah ternyata disana ada bagian yang meneliti sapi-sapi. Gak ngerti deh meneliti bagian apanya dari sapi. Mbak Hanny bilang karena yang diteliti adalah sapi perah, jadi sekalian aja dimanfaatkan juga susunya dan diolah menjadi berbagai produk susu segar dan yogurt.




Jadi FYI aja nii, buat kalian yang mungkin bingung dimana bisa mendapatkan susu sapi murni segar fresh from the cow, bisa datang aja ke Puslit Bioteknologi LIPI. Disini juga ada yogurt dengan berbagai varian, susu yang udah di beri rasa coklat, stroberi n vanilla, dan jual susu kambing segar juga lohh.. Harganya juga aseli, MurMer bangeed :) :)

Sekian deh, ceritaku di Puslit Bioteknologi LIPI. Makasii banged buat mbak Hanny n team di Puslit Bioteknologi LIPI :)

You Might Also Like

2 komentar

  1. Assalamualaykum Mba, saya boleh minta CP dr puslit LIPI yg mbak kenal? Saya berencana utk melakukan kunjungan edukasi dg murid2 saya.. Terima kasih banyak :)

    ReplyDelete
  2. Assalamualaykum Mba, saya boleh minta CP dr puslit LIPI yg mbak kenal? Saya berencana utk melakukan kunjungan edukasi dg murid2 saya.. Terima kasih banyak :)

    ReplyDelete

Search This Blog