Perpustakaan Horor Cibinong

August 03, 2015

Kenapa saya bilang horor? karena aseli di sini sepi banget. Dari semua perpustakaan yang saya kunjungi, perpustakaan inilah yang paling sunyi senyap. Bisa dimaklum sih, mungkin karena letaknya yang gak dekat dari lembaga pendidikan seperti sekolah atau kampus, jadi perpustakaan ini sepi banget. Padahal perpustakaan ini lumayan nyaman dengan fasilitas wifi di ruang baca utamanya.

Perpustakaan ini terletak di Jl. Bersih No. 5, Kel. Tengah, Kec. Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Kalau mau ke perpustakaan ini dari arah Bojonggede kita tinggal ambil jalan menuju Pemda Cibinong, terus belok kiri ke arah kantor pengadilan agama. Nah di sepanjang jalan itu kita akan melihat banyak kantor-kantor pemerintahan, salah satunya adalah perpustakaan ini. Aku sendiri awalnya gak nyangka ada perpustakaan di daerah ini. sebelumnya aku memang sempat-sempat searching di internet untuk cari perpustakaan yang terdekat dari rumah. Karena aku memang termasuk orang yang betah nongkrong lama-lama di pojok perpus sambil baca-baca buku yang menarik dan melupakan dunia (eeaa lebay). Tapi ternyata susah yaa, gak ketemu-ketemu. Sampai akhirnya pada suatu hari lewat di jalan ini dan menemukan plang "Kantor Arsipdan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor" di sana.


Lobi utama Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor


Awalnya lihat-lihat doang. Sampai akhirnya karena udah bosan dirumah selama liburan, akhirnya aku coba masuk untuk menjajal perpustakaan ini. dan setelah masuk, wew sepi banget. aku jadi satu-satunya orang yang ada di ruang baca utama waktu itu.


Penampakan ruang baca utama




Walaupun sepi, tapi harus aku akui kalau perpustakaan ini lumayan rapi dan bersih. Lumayan nyaman sebenarnya untuk dijadikan tempat mencari inspirasi. Apalagi tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas wifi, jadi bisa browsing sepuasnya.

its wifi zone!

Dan bicara soal koleksi buku, jujur aja memang di perpustakaan ini koleksinya gak selengkap perpustakaan lain. Tapi lumayanlah. Diruang baca utama terdapat koleksi buku-buku mengenai ilmu psikologi, agama, sosial-budaya, buku-buku IT dll.






Ruang baca di perpustakaan ini juga terdiri dari dua lantai. di lantai atas juga suasananya gak kalah nyaman dengan ruang baca utama yang ada lantai bawah, walaupun kalau di atas gak ada wifi-nya. di atas kita akan menemukan buku-buku tentang hobi, kesenian, sejarah, tokoh, biografi dll

penampakan ruang baca atas



Di atas juga ada ruangan arsip gitu, disini banyak buku-buku tua mengenai sejarah, politik, berbagai macam ensiklopedi, dan buku horor lain yang cuma dengan melihatnya aja nih-udah bikin pusing- apalagi bacanya :Da




Sebenernya sayang banget kalau ada sebuah perpustakaan yang sepi pengunjung kayak gini. Padahal perpustakaan menjadi salah satu tempat penting bagi umat manusia di seantero jagad. Dan fasilitas semacam ini juga seharusnya bisa dimanfaatkan secara optimal khususnya oleh pelajar ataupun mahasiswa di Kabupaten Bogor. Tapi saya rada maklum sih, mungkin karena letak perpustakaan yang bisa dibilang agak 'nyelip'.

Tapi mumpung saya bisa posting ini di blog, saya mau memberi beberapa saran, siapa tahu suatu saat ada pejabat yang membaca postingan saya :p
Perpustakaan sebenarnya bisa banget jadi sarana yang bagus untuk mengembangkan minat baca masyarakat Indonesia khususnya pelajar. Sejauh ini yang saya lihat minat baca masyarakat masih rendah banget. Aseli saya pernah bingung banget karena di puji teman cuma gara-gara waktu itu selesai baca buku yang gak tebal-tebal banget. Kesimpulan saya berarti dia jarang baca kayaknya, kalau bisa menyelesaikan satu buku dengan ketebalan sedang-sedang saja sampe dipuji dan dianggap prestasi yang luar biasa. Dan yang membuat tambah sedih, ternyata banyak saya temui orang yang jarang baca seperti ini. Padahal buku adalah sumber pengetahuan. Dengan baca kita bisa tahu dan 'melek' dunia tanpa perlu keliling-keliling dulu.

Harapan saya, seandainya saja fasilitas semacam perpustakaan bisa mendapatkan perhatian khusus. mungkin salah satunya bisa dengan memilih lokasi yang strategis, mudah dijangkau atau dekat dengan tempat pendidikan seperti sekolah. Dan mungkin suasana perpustakaan bisa di design dengan lebih kreatif supaya perpustakaan gak selalu terkesan 'oldschool' banget dan bisa menarik siapa saja untuk masuk. Jangan kalah sama perpustakaan-perpustakaan di universitas-universitas semacam UI yang bikin saya kagum banget ketika masuk. Saya rasa perpustakaan di daerah-daerah seperti perpustakaan Kab Bogor juga pasti bisa melakukannya :D

Sekian aja deh testimoni saya.

You Might Also Like

6 komentar

  1. kalo boleh saya tau, apa di sana ada buku-buku tentang sains? lebih tepatnya kayak buku campbell biologi ?

    ReplyDelete
  2. Setelah tinggal hampir setahun dicibinong dan aku baru tau ternyata ada perpus jugaa!wah terimakasih infonya ya 👍👍👍
    Kalau boleh tau kamu ke perpusnya hari libur atau apa?kok sepi banget yaaa😰
    Emang sangat disayangkan ya,padahal perpus itu tempat yang bermanfaat banget.Mungkin banyak yang gatau juga kali ya tempatnya

    ReplyDelete
  3. Waktu itu aku kunjungan pas hari biasa gtu. krn lg liburan.
    Iya sayang banget ya, perpus itu setiap hari kayaknya emang sepi.. karena kalau kesana seringnya selalu jd pengunjung satu-satunya hehehe 😂
    dan ya, bisa jadi karena letaknya yg kurang strategis itu..

    ReplyDelete
  4. Kurang peminat karna koleksi buku-buku ga lengkap, edisi tahunnya susah untuk dijadikan sumber Refrensi alias ketinggalan zaman...

    ReplyDelete
  5. Aku sering banget ke perpus kabupaten. Karena jarak sekolah ke perpus ga lumayan jauh dan aku emang ga betah dirumah anaknya. Waktu itu pernah pengunjung kira kira 20an orang dan aku kaget kenapa tumben rame, sampe aku ada pikiran ini orang apa bukan ya? Hahaha. Skrg perpus di renov, dan belum buka. Aku ga sabar karena liat dari luar aja kayaknya perpus makin bagus dan nyaman!

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Search This Blog