Honeymoon Backpacking: Assalaamualaikum Batu! (Part 2)

November 26, 2017

Assalaamuálaikum all!

kali ini aku mau lanjut cerita tentang perjalanan aku dan suami selama di Malang dan Kota Batu. Semoga postingan aku ini bisa membantu kalian yang mau menjadikan Kota Batu sebagai tujuan bulan madu juga. So, selamat menikmati ceritanya dan selamat merancang perjalanan perdana bareng pasangan halal ya!

Lanjut postingan yang sebelumnya, kami berangkat ke Kota Batu di hari kedua setelah sebelumnya menghabiskan satu hari di Malang. Kami berangkat sekitar pukul 11.00 dari Malang. Jarak Malang-Batu sekitar 17 km dan itu bisa ditempuh dengan berkendara kurang lebih 45 menit. Tapi waktu itu karena Aa suami bawa motornya ngebut jadi cuma 30 menit perjalanannya.

Selama bulan madu kami sewa motor. Sebenarnya ada kawan Aa suami yang di Malang dan dia menawarkan kami pakai mobilnya selama di Malang-Batu. Tapi kami lebih senang naik motor karena jauh lebih praktis. Percaya deh, kalau masih berdua kemana-mana enakan naik motor. Pertama motor itu lebih fleksibel dan lebih praktis plus lebih bisa menghindari macet. Ya walaupun selama di Batu kami gak ngalamin macet sih. Jalanannya lancar lancar aja. Mungkin karena kami ke sana pas weekday juga jadi gak begitu rame. Udah gitu naik motor juga lebih romantis loh hohoho. Berdua, lagi bulan madu sambil bonceng-boncengan di kota yang dingin macam Batu, uhuhuhuy 😜(yg jomblo anggap aja tulisan ini gak ada) lebih seru, efisien, dan lebih berasa lagi backpackerannya (hahah).

Kalau di postingan sebelumnya aku lupa sewa motor di mana dan biayanya berapa, sekarang selagi sudah diingatkan Aa suami jadi mau aku tulis. Kami sewa Motor di RPM Motor Malang dengan biaya sewa 75k per hari. Waktu itu kami sewa selama 5 hari. Kami lumayan puas kok sama servicenya. Motor yang disewakan kondisinya bagus, lengkap dengan helm sepasang dan jas hujannya. Untuk jaminannya RPM minta 2 ID card dan waktu itu Aa suami serahin NPWP plus SIM A.

Pertama sampai di Kota Batu aku langsung fall in love sama kotanya. Kota ini pantaslah disebut kota wisata. Seolah-olah hampir di semua pojokannya dipenuhi dengan tempat-tempat main. Di Kota Batu ini juga hampir semua jenis wisata ada. Mulai dari wahana bermain modern, sampai wisata alam ada. Sayang banget waktu itu kami cuma 3 hari di Batu. Rasanya gak cukup sih waktu tiga hari itu untuk mengeksplore Kota Batu. Mudah-mudahan suatu saat bisa kembali lagi dan menghabiskan waktu lebih lama di Batu yaa 😊 (kode ke Aa suami).

Setelah tiba di Batu, kami menghabiskan siang dengan istirahat dan cari makan. Sorenya kami mengunjungi alun-alun Kota Batu. Aku rasa alun-alun Kota Batu itu adalah salah satu alun-alun kota terbaik di negeri ini.

Assalamuálaikum Batu!

www.dolandolen.com

Alun-alun kota batu ini gak seperti alun-alun kebanyakan yang cuma sekedar taman ditengah kota yang di didalamnya ada kursi buat nongkrong dan perosotan anak-anak aja, atau kadang sekedar dilengkapi tugu ikonik. Alun-alun ini designnya cantik dan rapi banget. Di alun-alun kota batu ini, kita akan menemukan hal unik mulai dari ruang informasi yang berbentuk strawberry, toilet yang berbentuk apel sampai bianglala. Asik banget dan bikin betah lama-lama di sana. Ditambah di sekitaran alun-alun juga banyak tukang jajan yang enyak enyak hoho.

Setelah puas di alun-alun Kota Batu, kami kembali ke hotel untuk Shalat dulu. Selama di perjalanan bulan madu ini kami menjamak shalat dzuhur ashar dan maghrib isya. Malamnya, selepas menjamak shalat maghrib isya kami berkunjung ke salah satu tempat yang jadi wisata malam populer di Batu yaitu Batu Night Spectacular (BNS)

Pintu masuk BNS

BNS ini beralamat di
Jl. Hayam Wuruk no 1, Oro-oro Ombo - Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia. BNS buka dari pukul 15.00 sore sampai pukul 23.00 di hari Senin-Kamis, dan sampai pukul 24.00 di hari Jum'at-Minggu. Tiket masuknya 30-40k, tapi kamu bisa beli tiket terusan untuk bisa jajalin semua wahana dengan harga 100k aja. Aku saranin banget untuk beli tiket terusan aja kalau ke BNS. Jatuhnya lebih hemat dan kita bisa sebebasnya menikmati wahana yang ada, kecuali ada beberapa wahana si yang gak termasuk tiket terusan ini (agak lupa wahana apa). Karena kalau beli tiket masuk aja, kita akan dikenakan biaya lagi ketika ingin naik atau masuk wahana yang ada. Harga tiket satu wahananya kalau gak salah rata-rata 20k.

lampion garden. src: www.travelspromo.com

www.tabloidwisata.com

BNS cocok bangetlah buat jadi pilihan tempat yang dikunjungi bareng pasangan halal kalian *eah. Karena di tempat yang luasnya sekitar 3 hektar ini, kita bisa menemukan banyak permainan dan banyak banget wahana yang keren-keren. Udah gitu di dalamnya juga ada pusat perbelanjaan buat beli souvenir. Banyak yang jual baju couple juga *eah. Di dalam juga ada Food Court yang rapi dan nyaman banget plus dilengkapi pertunjukan air mancur menari. Jadi cocok bangetlah buat pacaran. Muter-muter BNS sambil gandengan (macam ABG) cobain satu-satu wahananya yang rasanya gak habis-habis uhuyy. Keren dan worth it bangetlah.

Setelah puas keliling-keliling BNS, kami kembali ke hotel untuk istirahat. Alhamdulillah, hari pertama di Batu menyenangkan. Batu memberikan kesan yang luarbiasa dari hari pertama aku menginjakan kaki di sana. Ditambah kesana pas momen honeymoon, jadi sekarang Kota Batu seperti punya tempat tersendiri gitu di hati. 3 hari di sana rasanya gak cukup ya.

Aku juga suka banget sama suasananya. Udaranya yang dingin-dingin sejuk memang cocok banget untuk bulan madu. Gak salah kami memilih tempat ini sebagai tujuan. Selain itu di sepanjang kota ini juga banyak bertebaran kebun-kebun bunga yang cantik dan kebun-kebun apel. Apalagi seperti yang kita sudah tau, Apel jadi ikon utama Kota Batu ini. Jadi banyak juga tempat yang menyediakan wisata petik apel dan petik bunga. Tapi sayang, karena keterbatasan waktu kami jadi gak nyobain dua-duanya (nangis), padahal rasanya agak gak afdol si ke Kota Batu tanpa ngerasain wisata petik apelnya.

Itulah perjalanan kami di hari pertama di Batu, insyaaAllah nanti disambung lagi yaa...
Kami masih punya satu malam lagi di Batu sebelum kembali ke Malang untuk menghabiskan malam terakhir di dua kota ini dan bersiap-siap kembali ke Bogor.

Oiya buat kamu yang juga punya pengalaman berwisata di Kota Batu ini, boleh juga sharing di kolom komentar :)