Mencicipi Rama-Rama, Kuliner Setengah Udang Setengah Kalajengking

November 28, 2017

Assalaamu'álaikum all

Hari ini libur sejenak dari postingan tentang honeymoon hihi. Alhamdulillah, hari ini berkesempatan mengunjungi Selat Panjang yang merupakan ibu kota Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Nama Meranti sendiri sebenarnya singkatan dari tiga pulau besar di kabupaten ini yaitu pulau Merbau, Rangsang dan Tebing Tinggi. Dan singkat cerita, setelah perjalanan laut selama kurang lebih 4 jam, aku tiba di pelabuhan Selat Panjang. Walaupun awalnya agak ngeri juga sih lewat jalur laut. Dari dulu sebenernya aku gak begitu suka laut, atau pantai. Melihat laut yang seolah gak ada tepinya kadang ngeri sendiri. Karena kita gak tahu kan apa yang hidup di bawah tempat seluas dan sedalam itu. Bisa jadi ada godzilla, atau ikan paus, gurita raksasa dan teman-temannya.

Tapi kali ini kali kedua Aa suami ajak bepergian via jalur laut. Mungkin supaya aku terbiasa dan gak takut atau mikir yang anaeh-aneh lagi. Dan kayaknya cara ini mulai berhasil, tadi pun aku cukup menikmati perjalanannya walaupun 4 jam terombang ambing di atas laut *eah. Mungkin juga karena Kepulauan Meranti ini terdiri dari pulau-pulau besar yang berdekatan. Jadi perjalanannya pun gak sampai lewat laut lepas, cuma lewat selat-selat yang gak seberapa lebar aja. Masih kelihatan daratan-lah di kanan dan kirinya.

sampe di Selat Panjang
Eh, tapi jadi kepanjangan yaa cerita perjalanannya hihiw. 

Singkatnya ketika sore tadi, Aa suami ajakin aku mencicipi salah satu kuliner khas kota ini yaitu rama-rama atau yang juga dikenal dengan sebutan makauhe. Karena katanya kuiner ini cuma ada di Kepulauan Meranti, khususnya Selat Panjang, aku jadi excited banget mau cobain.

Sebelumnya udah diceritain si sama Aa suami kalau rama-rama itu sebenarnya adalah udang bakau. Cuma ketika pertama kali lihat langsung bentuknya..... (jeng jeng) horor yah.

Rama-rama ini hidup di tepi-tepi pantai, biasanya di antara pohon bakau. Penampakannya agak serem yah. Kalau aku melihatnya makhluk ini kepalanya mirip udang, capitnya mirip capit kepiting, tapi tubuhnya mirip tubuh kalajengking.

minta izin mbak resto ngubek-ngubek dapurnya

penampakan rama-rama/makauhe sebelum di olah

penampakan dari dekat
Awalnya ketika sudah disajikan, kok ngerasanya kayak ngeri-ngeri gimanaa gitu untuk icip. Berasa kayak lagi makan alien. Tapi karena penasaran juga sama rasanya akhirnya aku coba. Dari sekian banyak pilihan yang ada, kami memilih rama-ramanya diolah dengan saus lada hitam.

Ini dia rama-rama saus lada hitam. mirip kalajengking dibumbuin
Setelah icip-icip ternyata rasanya hmmmm... yummy!

Memang benar-lah kata pepatah yang bilang "Don't judge book by its cover", karena ternyata di balik bentuknya yang mirip alien, rama-rama ini rasanya sedap kok. Tekstur daging di tubuhnya agak keras, dan perut rama-rama betina biasanya ada telurnya. Banyak yang bilang teksturnya mirip kepiting, tapi menurut aku sih gak mirip. Rama-rama ini menurut aku ada sensasi rasa-rasa lumpurnya. Mungkin pengaruh dari habitat hidupnya juga. Untuk bagian capitnya rasanya agak beda dengan daging tubuhnya. Bagian capit inilah yang rasanya mirip kepiting. Oh iya rama-rama jantan punya capit yang besar, sementara betinanya punya capit yang kecil.

Untuk menikmati rama-rama ini caranya hampir mirip dengan makan kepiting. Kita harus pecahkan atau kupas cangkangnya.

ini videonya



setelah berhasil dikupas
Dan soal harganya, untuk setiap satu porsi rama-rama yang berisi 4 ekor, kamu cuma perlu mengeluarkan uang 50k aja. Lumayan harga yang murmer buat rasa dan pengalaman makan alien yang sensasional *eah lebay.

Jadi buat kamu yang berkesempatan mengunjungi Kepulauan Meranti, khususnya kota Selat Panjang wajib banget cobain kuliner yang satu ini :D

Itu aja review dari aku. Buat kamu yang pernah punya pengalaman icip kuliner ini, atau kuliner unik lainnya, sharing pengalamannya yuk di kolom komentar 😊

You Might Also Like

4 komentar

  1. Baru tahu ada "rama-rama" spesies lain. Selama ini taunya rama-rama itu kupu-kupu (KBBI). Ternyata udang bakau juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak triani, di Kepulauan Meranti sini rama-rama itu sebutan untuk udang bakau :)
      awalnya juga sama saya taunya rama-rama itu kupu-kupu hihi

      Delete
  2. Iyaaaa horor gitu penampakannya yaaa hahahaha.. Tp aku jg penasaran mbaaa.. Sayang aja jauh banget utk bisa makan ini :D. Aku ngeliatnya sih lbh mirip kalajengking. Makanya td rada serem :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak Fanny.. aku juga pas makan rerada horor gitu huhu.. tapi penasaran, akhirnya dimakan juga 😂

      Delete

Search This Blog