Bingung Mengolah Nasi Sisa? Dibikin Kerupuk Bawang atau Cireng Aja!

March 10, 2018

Assalamu'alaikum manteman!
Pernah gak sih kamu ngerasa bingung pas melihat ternyata nasi yang kamu masak kemarin masih bersisa? Dan sayangnya, bentuk dan rasanya udah mulai sedikit berubah. Dimakan pakai lauk biasa udah gak selera. Dibuat nasi goreng pun kayaknya udah gak enak, tapi ketika mau buang, berasa sayang sayang gimana gitu (galau). Apalagi kalau jumlahnya gak sedikit. Berasa mubadzir banget kan.

Aku juga pernah mengalami hal kayak gini nih. Sebenarnya, setiap masak aku selalu mengusahakan masakan habis hari itu juga, termasuk nasi. Jadi seringnya masak pun dalam jumlah yang gak banyak. Secukupnya aja, asal cukup buat berdua sama Aa suami *uhuyy. Tapi apalah daya yaa, kadang tetap bersisa. Sedih-sedih gimana gitu, apalagi kalau lumayan banyak sisanya.

Untuk itu, aku biasanya mensiasatinya dengan mengolah kembali nasi sisa jadi cireng atau kerupuk bawang. Sebenernya ini cara yang diwarisin dari Ibuku. Dulu, setiap ada nasi sisa Ibu selalu mengolahnya lagi jadi cireng. Kadang kami makannya pakai saus kecap aja. Kadang juga dibuatin saus kacang dan dikasih irisan mentimun, atau diguyur kuah pempek. Simple banget, tapi insyaaAllah udah nikmat rasanya. Kalau sisanya kebanyakan, dan terlalu banyak untuk dimakan jadi cireng, biasanya Ibu transform cirengnya jadi kerupuk bawang.

Dan ini awet loh. Tahan beberapa hari kalau jadi cireng, dan tahan berbulan-bulan ketika ditransformasi jadi kerupuk bawang. Cara buatnya juga simple banget kok.

Pertama, bahan-bahan yang perlu disiapkan:
1. Nasi sisa kemaren
2. Tepung tapioka/tepung kanji (aku prepare 1/2 kg)
3. 2-4 siung bawang putih (tergantung selera. Aku biasanya pakai agak banyak)
4. Garam

Langkah-langkahnya:
Pertama, kalau nasinya udah mulai berbau atau berair sedikit, kita bisa siram dulu dengan air panas untuk menghilangkan aroma nasi yang biasanya udah agak menyengat.

Kedua, blender nasi, bawang putih dan garam sampai halus semuanya. Kamu bisa tambahkan secukupnya (dikit aja) air untuk memudahkan proses blender. Tapi ingat, jangan terlalu banyak airnya. Karena semakin banyak airnya, kamu akan butuh semakin banyak tepung untuk memadatkan adonannya

sisa nasi setelah diblender

Ketiga
, tuang nasi yang sudah di blender tadi ke wadah yang ukurannya cukup untuk membuat adonan, lalu masukan tepung tapioka.

Keempat, aduk nasi dan tepung sampai adonan kalis gitu. Tapi gak bisa kalis banget si, karena tekstur tepung tapioka ini lebih berasa lengket-lengketnya gitu daripada tepung terigu.

Kelima, bentuk adonan jadi lonjong kayak pempek lenjer tapi versi lebih gendutnya gitu (gimana nyebutnya ya). Nah, sebelum di bentuk kamu bisa coba colek dikit adonannya terus dicicipi. Kalau kurang garam bisa tambahkan garam lagi.

Keenam, setelah semua adonan udah dibentuk, panaskan air didalam panci dan tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih masukan adonan cireng, terus rebus sampai cirengnnya mengapung. Kalau udah ngapung terus angkat n tiriskan.

Adonan setelah ditiriskan (maaf fotonya jelek-jelek)

Nah kamu bisa tunggu sampai dingin terus simpan dalam kulkas supaya awet. Untuk cara masaknya cireng ini bisa kamu iris-iris dengan ketebalan kurleb 1cm terus goreng. Penyajiannya bisa dengan saos sambal+kecap, saus kacang atau kuah pempek, atau apa aja si sesuai kreativitas dan selera kamu.

Setelah jadi cireng. Maapkeun ada kabel-kabel berserakan huhu

Kalau cirengnya terlalu banyak buat digoreng biasa, kamu bisa jadiin itu kerupuk. Cirengnya tinggal diiris tipis-tipis terus dijemur sampai kering. Goreng, dan voila! Jadilah kerupuk 
Tapi kalau untuk bikin kerupuk, biasanya sebelum diiris aku diamkan dulu cirengnya dikulkas selama 1 hari sampai dia agak mengeras, jadi lebih mudah diirisnya.

setelah diiris dan siap dijemur

Kerupuk yang sudah jadi setelah dijemur

Kurang lebih begitulah cara aku mengolah sisa nasi supaya gak mubadzir. Mungkin ada yang bertanya-tanya ya, bahaya gak si nasi yang udah agak basi diolah? Jawabannya, insyaaAllah gak kok . Karena prosesnya juga kan udah melalui perebusan yang cukup lama, jd insyaaAllah jamur dan bakterinya udah mati. Sama aja kayak dibeberapa daerah yang mengolah tempe busuk. InsyaaAllah aman-aman aja selama diolah dengan cara yang benar.

Dan selama ini aku juga Alhamdulillah belum pernah keracunan gara-gara makan nasi kemaren yang diolah dengan cara ini  hihi.

Jadi, selamat mencobaaa manteman
Semoga sharing aku bermanfaat dan menambah inspirasi kamu ya..

Buat kamu yang punya cara lain atau pengalaman lain dalam mengolah nasi sisa ini, silakan share di kolom komentar yaa . Semoga sharing kamu bisa menambah inspirasiku juga 

Terimakasih, and
See you on the next post 

You Might Also Like

0 komentar

Search This Blog